blog Details

blog

Ketahui Penyebab AC Tidak Dingin Beserta Cara untuk Mengatasinya

Mengatasi Air Conditioner alias AC bermasalah tentunya bukan suatu pekerjaan yang gampang. Untuk itu, Pesona Mitratama Indonesia hadir dengan menawarkan layanan jasa terbaik perbaikan dan pemeliharaan AC maupun alat pendingin yang lain. Kondisi AC atau pendingin ruangan yang menyala namun tidak memberi efek sejuk di sebuah ruangan biasanya bakal menjadikan seseorang merasa kesal, apalagi jika di dalam rumah keadaan udaranya panas. Terdapat sejumlah penyebab AC tidak dingin, beberapa di antaranya terjadi lantaran kesalahan teknis maupun non-teknis.

AC sendiri adalah sebuah mesin yang butuh perhatian dari manusia. Tak ada mesin yang dapat terus dioperasikan tanpa adanya perawatan serta campur tangan manusia agar bisa terus beroperasi secara maksimal. Secara teratur, Anda harus memperhatikan kondisi AC, terlebih yang mulai memperlihatkan gejala AC tidak dingin.


Apa Saja Penyebab AC Tidak Dingin?

Hidup di negara beriklim tropis tentunya Anda sudah terbiasa dengan suasana yang panas. Oleh sebab itu, pendingin ruangan seperti Air Conditioning (AC) atau kipas Angin wajib ada di dalam sebuah ruangan. Dengan demikian, kondisi di dalam ruangan tersebut bakal tetap terasa sejuk meskipun keadaan udara cukup panas.

Kehadiran Air Conditioner sendiri dirasa sangat penting untuk masyarakat modern seperti saat ini. Sebab, hadirnya AC mampu memberi udara sejuk dengan suhu yang dapat Anda atur sesuka hati. Air Conditioner ini dijual dengan berbagai macam, keunggulan, kapasitas, hingga harga yang bervariasi. 

Nah, masalah yang sering menghantui para pengguna AC ini yaitu Air Conditioner yang tidak dingin. Fenomena tersebut sering jadi  mimpi buruk untuk sebagian orang lantaran mereka akan kepanasan lalu berujung pada ketidakmampuan dalam melakukan kegiatan serta pekerjaannya dengan lebih produktif. Penyebab AC tidak dingin pun dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal. Oleh karenanya, mari kita simak dengan lebih detail apa saja yang membuat Air Conditioner menjadi tidak dingin berikut cara untuk mengatasinya. 


Filter AC yang Tidak Dibersihkan Secara Rutin

Filter AC merupakan salah satu unsur yang mendukung kinerja Air Conditioner di dalam menghantarkan suhu dingin. Kegunaan filter ini yaitu untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat di dalam udara AC. Semakin lama, kotoran itu bakal menyumbat saringan filter, sehingga udara dingin tak bisa menembus keluar.

Cara mengatasi AC tidak dingin tersebut yaitu dengan rutin dalam membersihkannya. Silahkan mencuci filter 1x sebulan agar bersih dari kotoran. Sebelum membersihkannya, pastikan Anda menutup barang-barang di sekitar Air Conditioner, seperti kamar dengan koran supaya barang itu tidak kotor. Pasang filter kembali dan Anda bakal memperoleh semilir angin dingin dari AC yang menyejukkan. 

Jika Anak tidak bisa membersihkannya sendiri Anda dapat memanggil jasa PME Indonesia untuk melakukannya. 


Kondensor AC Kotor

Bukan hanya filter saja, kondensor Air Conditioner yang kotor juga dapat menjadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor ini letaknya pada bagian luar AC yang berfungsi untuk memanaskan gas freon (refrigerant) di suhu tertentu. Seperti halnya filter, apabila kondensor kotor, maka ia tidak akan dapat melakukan tugasnya secara maksimal yakni melaksanakan proses pendinginan.

Anda harus membersihkan kondensor tersebut secara rutin untuk menjaga agar udara AC tetap dingin. Tindakan tersebut dapat Anda lakukan secara mandiri. Pakailah air dan sabun guna menghilangkan kotorannya. Anda juga dapat menggunakan selang air dengan arus air pelan sehingga tidak merusak kondensornya.

Jika Anda tidak memakai AC untuk waktu yang lama, silahkan tutup kondensor dengan kain supaya kondensor tak membuat Air Conditioner jadi tidak dingin.  Hindari meletakkan kondensor di tempat yang banyak ranting pohon dan tanaman hias.


Freon (Refrigerant) Bocor atau Habis

Freon merupakan gas yang berfungsi di dalam proses pendinginan ruangan. Nah, apabila freon habis maka dapat mengakibatkan AC jadi tidak dingin. Ciri-cirinya yaitu terjadi pembekuan es di pipa, AC bocor, serta muncul suara mendesis karena kebocoran.

Menemukan kebocoran freon adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Apalagi jika pipa instalasinya ditanam pada tembok, tentunya itu akan membongkar tembok yang telah rapi tersebut. Jika bocornya ketemu dan terdapat pada pipa, dapat Anda las atau mengganti dengan pipa yang baru. Tetapi jika kebocoran terjadi di evaporator outdoor maupun indoor, apabila memungkinkan dapat Anda las.

Tetapi dari beberapa pengalaman, biasanya jika kebocoran pada evaporasi lalu di las, besoknya lagi bakal terjadi kebocoran di sebelahnya, seperti itu seterusnya. Solusinya mungkin Anda harus mengganti AC baru atau unit outdoor maupun indoor second yang masih bagus. Pesona Mitratama Indonesia juga menyediakan penjualan AC, dengan berbagai macam merk Air Conditioner seperti Panasonic, Gree, Midea, Daikin, LG, dan lain sebagainya.


Salah Mengatur Termostat

Kesalahan di dalam menetapkan suhu Air Conditioner dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika bekerja atau sekadar bersantai pada sebuah ruangan. Sebagai contoh, suhu ruangan Anda 23 derajat Celcius, namun Anda memasang suhu AC 26 derajat Celcius. Hal tersebut tentu salah lantaran AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu pada ruangan Anda.

Sehingga, Anda perlu mengatur suhu AC dengan benar. Jika suhu ruangan 25 derajat Celcius, maka aturlah suhu di bawah angka itu, seperti 20 atau 18 derajat Celcius. Silahkan mengatur AC lewat remote dengan setting 'COOL'.


Pintu dan Jendela yang Terbuka

Ketika menghidupkan AC, apakah Anda memastikan bahwa pintu serta jendela ruangan telah tertutup rapat? Jika belum, hal tersebut mungkin jadi penyebab AC tidak dingin. Pintu serta jendela yang sedikit terbuka dapat berpengaruh terhadap suhu ruangan. Sehingga AC terasa tak sedingin biasanya. Jadi, pastikan Anda senantiasa menutup pintu dan jendela saat menyalakan AC, ya!


Ukuran AC yang Tak Sesuai

Bisa juga penyebab AC tidak dingin yaitu pemilihan ukurannya yang tidak sesuai. Air Conditioner yang terlalu kecil tentunya tidak dapat memberi hembusan udara dingin di ruangan yang cukup besar. Sehingga jika Anda menggunakan AC kecil di ruangan yang luas maka pergunakan lebih dari satu Air Conditioner.


Masalah Teknis Internal Air Conditioner

Jika penyebab AC tidak dingin di atas tidak terjadi, kemungkinan ada permasalahan pada bagian internal mesin AC. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus segera mungkin menghubungi teknisi AC. Ia bakal mengecek keadaan mesin Air Conditioner milik Anda, mencari penyebab mengapa AC tersebut tidak dingin, lalu melakukan perbaikan.

Pesona Mitratama Indonesia siap untuk membantu perbaikan AC Anda yang tidak dingin. Dengan teknisi yang terlatih, profesional, dan berpengalaman, sehingga mendukung layanan perbaikan kami. PME Indonesia mempunyai kantor dan juga toko yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Jangan ragu untuk menggunakan jasa kami, karena PME Indonesia 100% amanah dengan penawaran harga yang kompetitif, ingat AC ingat KlikSejuk.


Bagikan ke sosmed :